Senin, 03 November 2014

Contoh desain pembelajaran (RPP)















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( BAHASA INGGRIS)



I. Identitas Sekolah


    Nama Sekolah
  :
SMP N 1 NATAR
    Mata Pelajaran
  :
Bahasa Inggris
    Kelas / Semester
  :
IX / Genap
    Alokasi Waktu
  :
4 × 45 menit ( 2 × pertemuan )
    Tahun Pelajaran
  :
2012/2013
II. Standar Kompetensi
  :
  Membaca (Reading )
Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  teks  narrative atau  report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
III.  Kompetensi Dasar 
  :
11.3 merespon makna dan langkah retorika dalam esai pendek secara akurat, lancar, dan berterima dalam kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk report.
IV.  Indicator Pencapaian
  :
1.      Siswa mampu mengidentifikasikan tema, topic,dan  jenis teks  berbentuk teks report berdasarkan teks yang telah diberikan dengan benar.

2.      Siswa  mampu mengidentifikasikan makna / informasi  yang terkandung dalam teks monolog berbentuk report berdasarkan teks yang telah diberikan dengan benar.

3.      Siswa mampu mengidentifikasikan susunan umum  teks report berdasarkan teks yang telah diberikan dengan benar.

4.      Siswa mampu mengidentifikasikan tujuan komunikatif  dalam teks monolog berbentuk teks report berdasarkan teks yang telah diberikan.

5.      Siswa mampu menyusun kalimat acak menjadi paragraph yang koheren berdasarkan kalimat acak yang telah diberikan dengan tepat.

 
V. Tujuan Pelajaran

Pada Akhir Pembelajaran ini, diharapkan  siswa mampu  :
1.      Mengidentifikasi tema, jenis teks  dalam esai pendek yang berbentuk teks report dengan benar .

2.      Mngeidentifikasikan susunan umum teks report berdasarkan teks yang telah diberikan dengan benar.

3.      mengidentifikasi informasi yang terkandung dalam esai pendek berbentuk teks report dengan benar .

4.      Mengidentifikasi tujuan komunikatif  dalam teks narrative dan report dengan benar.

5.      Menyusun kalimat acak menjadi sebuah paragraph yang koheren berdasarkan kalimat-kalimat acak yang telah diberikan dengan tepat.

VI. Pendidikan Karakter
·         Percaya diri
·         Sopan santun
·         Bertanggung jawab
·         Bersahabat dan komunikatif
·         Mandiri
·         Ingin tahu
·         Kreatif


VII.  Materi Ajar 


REPORT TEXT


What is the Report Text ?
1.      Definition of Report Text :
Report text is a text which present information about something, as it is. It is as a result of systematic observation and analyses. Its social function is to present about something.
2.      Generic structure of Report Text  :
A report text consist of the following structure :
§      General Clasification : Stating classification  of general aspect of thing : animal, public place, plant,etc which will be discussed in general.
§      Description : Describing the thing which will be discussed in detail : part per part, customs or deed for living creature and usage for materials.
                          
3.      Language Feature of Report Text :
§      Use of general nouns
§      Use of relating verbs to describe features
§      Some use of action verbs when describing behaviour
§      Use of timeless present tense to indicate usualness
§      Use of technical term.

4.      Example of  Report Text :
The Pelican Report

General Classification:
The white pelican is one of the most successful fish-eating birds.

Description:
The success is largely due to its command hunting behaviour. A group, perhaps two dozen birds, will gather in a curved arc some distance offshore. The birds then begin to move forward towards the shore, beating the water furiously with their wings, driving the fish before them.

When the water is shallow enough for the birds to reach the fish, the formation breaks up as each bird dips its bill into the water to scoop up its meal. As the bird lifts its head, the water drains from its bill leaving the fish which are then swallowed. Pelicans are among the oldest group of birds, Fossils of this genus have been found dating back 40 million years.




The other example :

Football Play

Football is a game played by two teams of eleven. They try to score by kicking or heading the ball into the other team’s goal. Ten of the players can not use their hands. The goal keeper can handle the ball to stop it going into the goal.

Games similar to football have been played for many centuries. The rules of the games were written down in 1863. In England, the FA ( Football Association ) cup was first played for in 1872. In the same year, England played Scotland in the first game.

Today the most important International Competition is the World Cup which takes place in every four years. Brazil and Italy have each won the world cup three times.



VIII.  Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Indicator :
1.      Siswa mampu mengidentifikasikan tema, topic,dan  jenis teks  berbentuk teks report berdasarkan teks yang telah diberikan dengan benar.

2.      Siswa mampu mengidentifikasikan susunan umum  teks report berdasarkan teks yang telah diberikan dengan benar.

3.      Siswa mampu mengidentifikasikan tujuan komunikatif  dalam teks monolog berbentuk teks report berdasarkan teks yang telah diberikan.

4.      Siswa  mampu mengidentifikasikan makna / informasi  tersirat  yang terkandung dalam teks monolog berbentuk report berdasarkan teks yang telah diberikan dengan benar.

5.      Siswa mampu menyusun kalimat acak menjadi paragraph yang koheren berdasarkan kalimat acak yang telah diberikan dengan tepat.


No

      Uraian Kegiatan Pembelajaran

      Metode

      Media

 Waktu
( menit )
1.


Pendahuluan :
a.       Siswa merespon salam dari guru

b.       Siswa diperiksa kehadirannya

c.       .Guru mereview sedikit tentang  materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.

d.      Brain Storming : guru menyuruh siswa menceritakan sedikit apa yang diketahui siswa.




Diskusi dan    Brain stroming



Buku Teks



  10
 2.
Kegiatan Inti :
a.       Siswa Menjelaskan tema, topic dan jenis teks dalam bentuk  teks report.

b.      Siswa menyebutkan tujuan komunikatif dan makna yang terkandung dalam  teks report.
c.       Siswa mengidentifikasikan langkah langkah retorika teks report.

d.      Siswa mengidentifikasi struktur kebahasaan teks report

e.       Siswa menulis paragraf berbentuk teks report berdasarkan tema atau gambar yang diberikan.



Ceramah, diskusi,


Buku Teks, Lembar Kerja Siswa


      70
3.
 Penutup :
a.       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

b.      Guru  menyimpulkan materi yang baru dibahas dengan melakukan tanya jawab.

c.       Guru memberikan tugas untuk  mengidentifikasi / menganalisis teks report dengan contoh teks report yang lain di rumah.






Ceramah,





   





      10


IX. Sumber Belajar

·         Teks-teks yang relevan
·         Buku Text
·         Lembar Kerja Siswa


X. Test Acuan Patokan

A. Tabel Spesifikasi

                  
                   Daftar Perilaku

     Bobot   Presentase

         Jenis Tes

Jumlah Butir Tes
                               1
           2
               3
     4       
1. Siswa mampu mengidentifikasi     tema / gagasan utama, topic, dan jenis teks dalam bentuk teks report berdasarkan teks yang diberikan.

2. Siswa mampu mengidentifikasi makna / informasi tersirat yang terkandung dalam teks report berdasarkan teks yang  telah diberikan.

3. Siswa mampu mengidentifikasikan susunan umum/ generic structure teks report berdasarkan teks yang siswa yangb siswa baca dengan  tepat.

4. Siswa mampu mengidentifikasikan  tujuan komunikatif dalam teks report berdasarkan teks yang di berikan.

5. Siswa mampu menyusun sebuah paragraf yang koheren berbentuk teks report berdasarkan kalimat acak yang telah diberikan.


       

         15




          25
    
       


         20
         



         10


 
         30

  
Pilihan Ganda




Pilihan Ganda




 Essay




Pilihan Ganda



Pilihan Ganda,
Essay
   
      
       3



    
       5




      1



        
       1


     
        2

     
    

                  Jumlah total

    
       100 %

     
      12







  


























































0 komentar:

Posting Komentar